Jumat, 30 November 2012

TUGAS KEPM

KEPEMIPINAN


KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan adalah proses  seorang pemimpin untuk menggerakan, mengarahkan dan mengorganisasikan bawahan/pengikut dengan kerelaan sepenuh hati tanpa paksaan  untuk melaksanakan tujuan / visi misi yang akan di capai bersama.
PERBEDAAN PIMPINAN DENGAN PEMIMPIN
Pemimpin adalah sifat dia punya pengikut
Pimpinan adalah jabatan dia punya bawahan
SIFAT SIFAT PEMIMPIN
Jujur ,dipercaya, mampu ,cerdas ,komunikatif mengetahui apa yg di inginkan dan dipikirkan bawahannya dia bisa mengerakan dengan motivasi
KENAPA ORANG MAU DI PIMPIN
Karena bawahan percaya pada atasan, untuk mengarahkan tujuan bersama dengan mendapat imbalan berupa kesejahteraan bersama.
MACAM MACAM GAYA PEMIMPIN
Kharismatik
Otoriter
Demokratis
Melayani
Dalam bahasa indonesia pemimpin di sebut juga  ketua,pembina,pengurus,kepala,raja,pelopor,panutan,pembimbing.

KRITERIA PEMIMPIN
VISIONER punya tujuan yg jelas, tau mau dibawa kemana pengikutnya /bawahan nya. tujuan hidup kita bersama bersama menjadi pedoman mencapai kesejahteraan bersama.
BELAJAR TERUS TIADA HENTI Masih banyak pengetahuan yg harus dipelajari untuk meningkatkan dan kemampuan memimpin, banyak ilmu baru jgn sampai ketinggalan dari bawahan. Banyak membaca buku buku bermutu yg positif, untuk meningkatkan skill kepemimpinan.
MAMPU BERKOMUNIKASI  Pemimpin harus mampu berkomunikasi baik secar lisan maupun tulisan, komunikasi verbal maupun non verbal.
MEMILIKI WATAK YG BAIK penyabar, bijaksana,memahami pikiran dan perasaan bawahan, membantu kesulitan, cerdas , teliti. Mendengarkan aspirasi bawahan.
MEMPERSIAPKAN PEMIMPIN MUDA Pemimpin sejati bukan hanya     memimpin pada masa nya dia, tetapi harus mempersiapkan generasi penerus, pemimpin muda untuk melanjutkan kepemimpinan berikutnya

SIFAT PEMIMPIN DALAM ISLAM
Sifat pemimpin dalam islam harus mempuna sifat :
1.SIDIQ artinya jujur,benar,berintegrasi tinggi dan terjaga dari kesalahan
2.TABLIGH artinya menyampaikan risalah kebenaran, tidak menyembunyikan apa yg harus disampaikan dan komunikatif
3.AMANAH artinya dapat dipercaya, memiliki legitimasi dan akuntable
4.FATHONAH artinya cerdas memiliki intelektual tinggi dan fropesional

Proses kepemimpinan perubahan yg panjang dalam diri, ketika seseorang menemukan visi dan misi hidupnya ketika terjadi kedamaian dalam diri dan membentuk karakter kokoh , ketika setiap ucapan nya dan tindakannya memberikan pengaruh kepada lingkungan nya, dia mendorong organisasi menuju perubahan pada saat itulah dia lahir jadi pemimpin sejati. Pemimpin bukan sekedar gelar/jabatan.yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar