Jumat, 30 November 2012

TUGAS KEPM

KEPEMIPINAN


KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan adalah proses  seorang pemimpin untuk menggerakan, mengarahkan dan mengorganisasikan bawahan/pengikut dengan kerelaan sepenuh hati tanpa paksaan  untuk melaksanakan tujuan / visi misi yang akan di capai bersama.
PERBEDAAN PIMPINAN DENGAN PEMIMPIN
Pemimpin adalah sifat dia punya pengikut
Pimpinan adalah jabatan dia punya bawahan
SIFAT SIFAT PEMIMPIN
Jujur ,dipercaya, mampu ,cerdas ,komunikatif mengetahui apa yg di inginkan dan dipikirkan bawahannya dia bisa mengerakan dengan motivasi
KENAPA ORANG MAU DI PIMPIN
Karena bawahan percaya pada atasan, untuk mengarahkan tujuan bersama dengan mendapat imbalan berupa kesejahteraan bersama.
MACAM MACAM GAYA PEMIMPIN
Kharismatik
Otoriter
Demokratis
Melayani
Dalam bahasa indonesia pemimpin di sebut juga  ketua,pembina,pengurus,kepala,raja,pelopor,panutan,pembimbing.

KRITERIA PEMIMPIN
VISIONER punya tujuan yg jelas, tau mau dibawa kemana pengikutnya /bawahan nya. tujuan hidup kita bersama bersama menjadi pedoman mencapai kesejahteraan bersama.
BELAJAR TERUS TIADA HENTI Masih banyak pengetahuan yg harus dipelajari untuk meningkatkan dan kemampuan memimpin, banyak ilmu baru jgn sampai ketinggalan dari bawahan. Banyak membaca buku buku bermutu yg positif, untuk meningkatkan skill kepemimpinan.
MAMPU BERKOMUNIKASI  Pemimpin harus mampu berkomunikasi baik secar lisan maupun tulisan, komunikasi verbal maupun non verbal.
MEMILIKI WATAK YG BAIK penyabar, bijaksana,memahami pikiran dan perasaan bawahan, membantu kesulitan, cerdas , teliti. Mendengarkan aspirasi bawahan.
MEMPERSIAPKAN PEMIMPIN MUDA Pemimpin sejati bukan hanya     memimpin pada masa nya dia, tetapi harus mempersiapkan generasi penerus, pemimpin muda untuk melanjutkan kepemimpinan berikutnya

SIFAT PEMIMPIN DALAM ISLAM
Sifat pemimpin dalam islam harus mempuna sifat :
1.SIDIQ artinya jujur,benar,berintegrasi tinggi dan terjaga dari kesalahan
2.TABLIGH artinya menyampaikan risalah kebenaran, tidak menyembunyikan apa yg harus disampaikan dan komunikatif
3.AMANAH artinya dapat dipercaya, memiliki legitimasi dan akuntable
4.FATHONAH artinya cerdas memiliki intelektual tinggi dan fropesional

Proses kepemimpinan perubahan yg panjang dalam diri, ketika seseorang menemukan visi dan misi hidupnya ketika terjadi kedamaian dalam diri dan membentuk karakter kokoh , ketika setiap ucapan nya dan tindakannya memberikan pengaruh kepada lingkungan nya, dia mendorong organisasi menuju perubahan pada saat itulah dia lahir jadi pemimpin sejati. Pemimpin bukan sekedar gelar/jabatan.yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal.


TUGAS TUGAS

PERENCANAAN



ASEP SUTISNA     11 07 0288
PENDAHULUAN
 organisasi melakukan perencanaan dalam setap kegiatan organisasinya, Perencanaan produksi, perencanaan tenaga kerja, perencanaan penjualan,perencanaan anggaran keuangan
 perencanaan adalah proses menentukan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan , dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.
  beberapa rumusan masalahperencanaan, yaitu:
1.     pengertian perencanaan ?
2.     macam-macam perencanaan ?
3.    Hambatan yang ada dalam perencanaan dan  cara mengatasinya
           Pengertian
Perencanaan  diartikan sebagai proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi  mencapai tujuan ,  mengembangkann rencana  kerja organisasi. Pada dasarnya perencanaan yaitu memberi jawaban atas pertanyaan apa (what), siapa (who), kapan (when), dimana (where), mengapa (why), dan bagaimana(how).
Dalam perencanaan terdapat unsur perencanaan. Perencanaan yang baik harus dapat menjawab enam pertanyaan . Unsur pertama adalah tindakan apa yang harus dikerjakan, kedua ada sebabnya rindakan tersebut harus dilakukan, ketiga dimana tindakan tersebut dilakukan, keempat kapa tindakan tersebut dilakukan, kelima siapa yang akan melakukan tindakan tersebut, dan yang terakhir bagaimana cara melaksanakan tindakan tersebut.
  Sifat rencana yang baik yakni :
1.      realistis
2.      Fleksibel
3.      dapat dicapai
4.  memetakan masalah dengan jelas
5.  banyak alternatif plane A , plane B dll

   Proses Perencanaan
Menurut T. Hani Handoko (1999) kegiatan perencanaan pada dasarnya melalui empat tahap  berikut :
1.      Menetapkan tujuan
2.      Merumuskan keadaan saat ini
3.      Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan
4.      Mengembangkan rencana kegiatan untuk pencapaian tujuan
     Alasan Perlunya Perencanaan

Ada dua alasan dasar perlunya perencanaan :
1.      Untuk mencapai “protective benefits” yang dihasilkan dari pengurangan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pembuatan keputusan.
2.      Untuk mencapai “positive benefits” dalam bentuk meningkatnya sukses pencapaian tujuan organisasi.
Beberapa manfaat perencanaan adalah :
1.      Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahanperubahan lingkungan
2.      Memungkinkan manajer memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas
3.      Membantu penempatan tanggung jawab lebih tepat
4.      Memberikan cara pemberian perintah untuk beroperasi
5.      Memudahkan dalam melakukan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi
6.      Membuat tujuan lebih khusus, terperinci dan lebih mudah dipahami
7.      Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti
8.      Menghemat waktu,tenaga dan biaya
     Hambatan dalam Penetapan dan Tujuan dan Perencanan
a.       Tujuan yang Tidak jelas
b.      Sistem Penghargaan yang Tidak Tepat
c.       Lingkungan yang Dinamis dan Komplek
d.      Keengganan untuk Menetapkan Tujuan
e.       Penolakan terhadap Perubahan
f.        Keterbatasan
     Mengatasi Hambatan
a.       memahami  Maksud Tujuan dan Rencana
b.      Komunikasi dan Partisipasi
c.       Konsistensi dan pembaruan
d.      Sistem Penghargaan /hukuman yang Efektif
Perencanaan organisasi terbagi menjadi 3 yaitu perencanaan strategis, taktis dan operasional. Adapun kerangka waktu dala perencanaan organisasi yaitu sebagai berikut : rencana jangka panjang, jangkah menengah, dan jangka pendek.
Suatu perencanaan juga terdapat berbagai hambatan dalam penetapan tujuan. Hambatan tersebut antara lain tujuan yang tidak tepat, sistem penghargaan yang tidak tepat, penolakan terhadap perubahan dan keterbatasan.
Sebaiknya dalam mengambil keputusan dan tindakan dalam berbagai bentuk organisasi menggunakan proses dasar manajemen berupa perencanaan.
Dalam sebuah prencanaan perlu memperhatikan sifat rencana yang baik untuk mencapai hasil yang diinginkan.
 Daftar Rujukan
Handoko, T. Hani. 1999. Manajemen. BPFE – Yogyakarta
www.google.com/ management perencanaan


Kamis, 15 November 2012

MANAGEMENT PEMASARAN


PENGERTIAN PEMASARAN
• Pemasaran= tugas untuk menciptakan, memperkenalkan dan
menyerahkan barang/jasa kepada konsumen.
• Ada 10 jenis wujud yang dipasarkan: barang, jasa, pengayaan
pengalaman, peristiwa, orang, tempat, kepemilikan, organisasi,
informasi, gagasan (sunarto, 2006).
• Pengelompokan pasar: pasar konsumen, pasar bisnis, pasar global,
pasar nirlaba.
• Pemasaran= menghasilkan standar hidup yang lebih tinggi (definisi
sosial)
• Pemasaran= seni menjual produk (definisi manajerial)
• Pemasaran bukan memperluas penjualan, bertujuan untuk mengetahui
dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga barang/jasa cocok
dengan pelanggan atau disebut juga pemasaran menghasilkan seorang
pelanggan yang siap untuk membeli (Peter Drucker)
• Pemasaran= proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran,
penetapan harga, promosi, penyaluran gagasan/barang/jasa untuk
menciptakan pertukaran yang memenuhi individu dan organisasi
(Asosiasi Pemasaran Amerika).

PENGERTIAN  PEMASARAN (3)
• Pemasaran= “pasar” = tempat fisik dimana para penjual dan
pembeli berkumpul untuk mempertukarkan barang (ekonomi
tradisional).
• Pemasaran= “pasar” = kumpulan penjual dan pembeli  yang
melakukan transaksi atas sebuah produk atau kelompok
produk tertentu (ekonomi modern).
• Pasar meliputi pengelompokan pelanggan. Pengelompokan
pasar: pasar kebutuhan, pasar produk, pasar demografis,
pasar geografis (Pebisnis).
• Pasar sasaran dan segmentasi pasar.  Segmen pasar:
pengelompokan pembeli menurut perbedaan demografis,
psikografis, perilaku dan lainnya
• Pemasar berusaha memahami kebutuhan, keinginan dan

permintaan pasar sasaran.Pengertian Kebutuhan, Keinginan
dan Permintaan (Sunarto, 2006)
1. Kebutuhan (menggambarkan tuntutan
dasar manusia: makan, pakaian, rumah,
pendidikan, kesehatan, berlibur, dll)
2. Keinginan (kebutuhan yang diarahkan
kepada sasaran spesifik yang mungkin dapat
dipenuhi. Keinginan dibentuk oleh lingkungan
masyarakat).
3. Permintaan (keinginan akan produk
spesifik yang yang didukung oleh kemampuan
membeli/membayar)

PERBEDAAN PEMASARAN VS PENJUALAN
(Paul N Bloom & Louise N Boone, 2006)
PEMASARAN=
1. Bagaimana mendengarkan
konsumen
2. Tujuan memahami kebutuhan
konsumen
3. Mencari tahu produk yang
memang dibutuhkan
konsumen
4. Tugas utama: menentukan
sasaran penjualan, struktur
dan ukuran kekuatan
penjualan, program
implementasi penjualan,
rekrut SDM penjualan,
anggaran & biaya, perkiraan
penjualan, evaluasi
perwakilan penjualan

PENJUALAN=
1. Bagaimana mendengarkan konsumen
2. Tujuan untuk menjawab setiap
pertanyaan (kebutuhan) konsumen
3. Pandai berbicara berusaha menjual
produknya
4. Tanggungjwb perwakilan penjualan
mulai pemesaran, menjalin hub,
melaks penjualan, kontrak, proyeksi.
5. Karakteristik pribadi: empati, sabar,
persuasif, tangguh, mudah bergaul.
Yang baik adalah yg mendengarkan
kebutuhan konsumen dan memberi
solusinya.Aspek Pemasaran Tradisional Pemasaran Relasional
Fokus Fokus pada penjualan Fokus pada mempertahankan
konsumen
Orientasi Orientasi pada karakteristik produk Orientasi pada manfaat produk
Skala waktu Skala waktu jangka pendek Skala waktu jangka panjang
Komitmen kepada
konsumen
Komitmen terbatas Komitmen tinggi
Kontak Kontak dengan konsumen rendah Kontak dengan konsumen
tinggi
Kualitas Kualitas adalah urusan bagian
operasi
Kualitas adalah urusan semua
departemen/orang

Perbedaan Pemasaran Tradisional dan
Relasional

ARGUMEN KONSEP PEMASARAN
• Perusahaan memiliki nilai kecil bila tanpa
pelanggan.
• Tugas utama perusahaan manarik dan
mempertahankan pelanggan.
• Pelanggan ditarik melalui tawaran unggul dibanding
pesaing dan dipertahankan melalui kepuasan.
• Tugas pemasaran mengembangkan tawaran
unggul dan memberi kepuasan pelanggan
• Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kinerja
unit/divisi lainnya.
• Pemasaran perlu mempengaruhi unit/divisi lain
untuk memberi kepuasan pelanggan.

KONSEP PEMASARAN terdiri 4 PILAR
• PASAR SASARAN= cermat memilih pasar sasaran dan
persiapkan program pemasaran.
• KEBUTUHAN PELANGGAN= kebutuhan yang dinyatakan,
kebutuhan riil, kebutuhan yang tidak dinyatakan, kebutuhan
kesenangan, kebutuhan rahasia. Mempertahankan
pelanggan (customer relation) lebih penting daripada
menarik pelanggan (customer attraction).
• PEMASARAN TERPADU= terpadu internal, terpadu
eksternal.
• KEMAMPUAN MENGHASILKAN LABA= merupakan tujuan
perusahaan profit. Untuk organisasi publik dan nirlaba=
tujuan= bertahan hidup, pelayanan, sosial, pekerjaan
bermanfaat.

AGAR PRODUK SUKSES DI PASAR
(Paul N Bloom & Louise N Boone, 2006)
• PENDEKATAN PEMASARAN YANG
EFEKTIF.
• PRODUK YANG UNIK.
• KOMPETENSI TEKNIS.
• HARGA YANG BERSAING

JOB DESCRIPTION


URAIAN PEKERJAAN (JOB DESCRIPTION)
• H.Malayu S.P. Hasibuan: informasi tertulis yg manguraikan tugas dan tanggung jawab,kondisi pekerjaan,hubungan pekerjaan,dan aspek-aspek pekerjaan pada suatu jabatan tertentu dlm organisasi
• Robert L.Mathis&John H.Jackson:Identifikasi tugas dan tanggung jawab dari suatu pekerjaan
• B.Siswanto Sastrohadiwiryo:rincian pekerjaan yg berisi informasi menyeluruh tentang tugas/kewajiban,tanggung jawab,dan kondisi-kondisi yg diperlukan apabila pekerjaan tersebut dikerjakan
- Uraian pekerjaan lebih menekankan tugas dan tanggung jawab karyawan sehingga lebih banyak berhubungan dengan pekerjaan daripada unsur manusianya/karyawan
- Uraian pekerjaan merupakan pedoman,petunjuk,dan arah tindakan bagi karyawan utk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya
- Dengan adanya uraian pekerjaan, karyawan diharapkan dpt melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif dan efisien menuju profesionalisme dan produktivitas

-Tantangan bagi M.SDM utk membuat uraian pekerjaan secara cermat dan tepat,krn ketidakcermatan dalam pembuatan uraian pekerjaan akan memberikan dampak yg merugikan perusahaan, khususnya timbul kemandekan (stagnasi) pekerjaan dan menghambat output produksi
Menurut Dale Yoder ,uraian pekerjaan itu dapat dipergunakan untuk:
• Memberikan pedoman dlm pencarian calon pegawai dan penyaringan
• Memberikan dasar untuk program-program latihan
• Memberikan garis besar mengenai kesempatan kerja
• Mengadakan penyederhanaan kerja
• Penilaian jabatan dlm administrasi upah dan gaji
• Membantu memperbaiki semangat kerja pegawai
• Program-program keselamatan kerja ,Dll

PERENCANAAN SDM


PERENCANAAN
SUMBER DAYA MANUSIA
Pengertian Perencanaan SDM
• Menurut Robert L. Mathis & John H. Jackson:
Proses analisis dan identifikasi tersedianya dan kebutuhan akan SDM sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuannya (2001:51)
• Menurut Gary Dessler:
Proses menentukan posisi yang akan diisi dalam perusahaan, dan bagaimana cara mengisinya (2004:102)
• Menurut Bambang Wahyudi:
Penentuan kebutuhan tenaga kerja secara kuantitatif maupun kualitatif, serta cara memenuhi kebutuhan tenaga kerja itu

ANALISIS JABATAN
Isinya adalah:
1. Uraian pekerjaan /Job description
2. Spesifikasi pekerjaan/Job specification
Konsep-konsep dasar
• Pekerjaan
• Posisi
• Tugas
• Tanggung jawab
• Kompetensi
• Uraian Pekerjaan
• Standar kinerja
• Spesifikasi pekerjaan

Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data analisis jabatan:
• Observasi
• Wawancara
• Catatan harian
• Kuesioner
Diskusi:
Mengapa analisis jabatan menjadi fondasi dari banyak aktivitas sumber daya manusia lain

REKRUTMEN SDM


Rekrutmen

Rekrutmen atau Penarikan
• Rekrutmen dapat didefinisikan sebagai suatu proses untuk mencari, menarik, dan mengidentifikasi calon-calon yang berkualitas dalam jumlah yang cukup memadai guna mengisi kebutuhan tenaga kerja pada masa sekarang maupun masa mendatang (Harvey dan Bowin, 1996:90)
• Menurut Carrell, Elbert dan Hatfield (1995:250), Rekrutmen adalah Proses untuk menjaring pelamar yang memenuhi syarat dan berkualitas guna mengisi posisi didalam organisasi
• Cascio (1995:172) menegaskan bahwa rekrutmen merupakan proses dua arah yakni perpaduan antara upaya organisasional untuk mencari calon yang prospektif dengan upaya pencari kerja guna memperoleh pekerjaan yang dapat memuaskan keinginannya
Sumber-sumber rekrutmen
• Pelamar Internal
• Pelamar Eksternal
Metode Perekrutan:
• Penetapan jabatan/pekerjaan
• Pelamaran langsung
• Rujukan dari pekerja
• Perekrutan dari kampus
• Pekerja perorangan
• Agen tenaga kerja
• Iklan

Seleksi adalah proses pemilihan individu-individu yang memiliki kualifikasi yang relevan untuk mengisi pekerjaan-pekerjaan dalam suatu organisasi atau perusahaan

• Menyeleksi tenaga kerja yang kompeten seperti menaruh uang di Bank
• Pelatihan yang baik tidak akan memperbaiki seleksi yang buruk
• Jika anda tidak merekrut orang tepat, kompetitor anda yang akan melakukannya

Tes:
• Tes bakat
• Tes Kemampuan
• Tes kejujuran
• Tes kepribadian
• Tes contoh kerja
• Tes kemampuan mental
Wawancara:
• Wawancara Terstruktur
• Wawancara Situasional
• Wawancara Deskripsi Tingkah Laku
• Wawancara Tidak Langsung
• Wawancara Stress
• Wawancara Panel

SELEKSI SDM


SELEKSI

Seleksi adalah proses pemilihan individu-individu yang memiliki kualifikasi yang relevan untuk mengisi pekerjaan-pekerjaan dalam suatu organisasi atau perusahaan

 Seleksi dalam rangka rekrutmen
 Dilakukan seleksi apabila jumlah calon lebih banyak dari yang dibutuhkan
 Proses seleksi dalam MSDM sangat penting

PEPATAH:
• Menyeleksi tenaga kerja yang kompeten seperti menaruh uang di Bank
• Pelatihan yang baik tidak akan memperbaiki seleksi yang buruk
“implikasinya disini adalah ketika orang yang tepat dengan pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang sesuai tidak terpilih untuk posisi tersebut, maka sulit bagi perusahaan untuk memperbaikinya kemudian dengan mencoba untuk melatih individu-individu tanpa bakat yang sesuai, minat atau pkk yang kurang sempurna lainnya”
• Jika anda tidak merekrut orang yang tepat, kompetitor anda yang akan melakukannya
“ada biaya oportunitas yang timbul jika terjadi kegagalan untuk memilih tenaga kerja yang tepat, harga yang harus dibayar adalah bahwa orang yang tepat tersebut pergi ketempat lain:

TES:
• Tes bakat: tes yang mengukur kemampuan umum untuk mempelajari atau menguasai sebuah keahlian
• Tes kemampuan: tes yang menilai keahlian yang telah dipelajari
• Tes kejujuran: tes yang mengukur tingkat kejujuran seseorang
• Tes kepribadian: tes yang bertujuan untuk mengukur kestabilan emosi seseorang
• Tes kemampuan mental: tes yang mengukur kesanggupan untuk melakukan pertimbangan-pertimbangan
• Tes contoh kerja: mempergunakan peralatan


WAWANCARA:
• Wawancara terstruktur: wawancara yang menggunakan serangkaian pertanyaan yang terstandarisasi untuk seluruh pelamar
• Wawancara situasional: wawancara terstruktur yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana para pelamar dapat menangani situasi-situasi yang spesifik
• Wawancara deskripsi tingkah laku: wawancara dimana para pelamar memberikan contoh-contoh spesifik dari bagaimana mereka melakukan atau menangani berbagai permasalahan pada waktu yang lalu
• Wawancara tidak langsung: wawancara yang menggunakan pertanyaan-pertanyaan umum yang berasal dari pertanyaan-pertanyaan lain yang telah dikembangkan
• Wawancara stress: wawancara yang didesain untuk menciptakan kegelisahan dan tekanan pada pelamar untuk melihat bagaimana respon orang tersebut
• Wawancara panel: wawancara dimana beberapa orang pewawancara mewawancarai seorang pelamar

STRATEGY PRODUK & MERK

Menentukan strategi produk dan merek

• Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yg digunakan prsh utk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran 
• Empat P: product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi)
• Empat C: customer solution (solusi pelanggan), customer cost (biaya atau harga pelanggan), convenience (kenyamanan), communication (komunikasi)
• Masing2 alat pemasaran harus dirancang supaya dpt memberikan manfaat bagi pelanggan

• Produk : segala sesuatu yg dpt ditawarkan kpd pelanggan dlm rangka memuaskan kebutuhan dan keinginannya
• Produk dpt berbentuk : barang,jasa,pengalaman,acara2, orang,tempat,properti,organisasi,gagasan
• Perusahaan-perusahaan yg telah sukses menambahkan manfaat kedalam tawaran mereka yg tdk hanya memuaskan pelanggan,melainkan juga mengejutkan dan menggembirakan mereka.pelanggan yg gembira adalah melampaui apa yg mereka harapkan

Tingkat produk
• Manfaat inti: layanan atau manfaat mendasar yg sesungguhnya dibeli pelanggan
• Produk dasar
• Produk yg diharapkan: beberapa atribut dan kondisi yg biasanya diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk ini
• Produk yg ditingkatkan: yg melampaui harapan pelanggan
• Calon produk: yg meliputi segala kemungkinan peningkatan dan perubahan yg mungkin akan dialami produk atau tawaran tsb pada masa mendatang

Bauran produk adalah kumpulan seluruh produk dan barang yg ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli
• Klasifikasi produk
Daya tahan dan wujud: barang yg tdk tahan lama,barang tahan lama,jasa
• Klasifikasi barang konsumen: barang mudah,barang toko,barang khusus,barang yg tdk dicari
• Klasifikasi barang industri: bahan baku dan suku cadang,barang modal,pasokan dan layanan bisnis

• Merek: nama,istilah,tanda,simbol,atau desain atau kombinasi semuanya yg dimaksudkan utk mengidentifikasi barang atau jasa seorang atau sekelompok penjual dan utk membedakannya dari barang atau jasa pesaing
• Merek menjadi tanda pengenal penjual atau pembuat
• Keahlian pemasar profesional yg paling khusus adalah kemampuan mereka menciptakan,memelihara,melindungi,dan meningkatkan merek.penggunaan merek adalah seni dan landasan pemasaran

Merek adalah suatu simbol rumit yg dpt menyampaikan hingga 6 tingkat pengertian:
• Atribut
• Manfaat
• Nilai
• Budaya
• Kepribadian
• Pemakai

Banyak pemimpin merek 70 th masih tetap mrpk pemimpin merek dewasa ini:kodak,gillete,coca-cola

Hanya sedikit pelanggan setia terhadap merek.david Aaker membedakan 5 tingkat sikap pelanggan thd merek,mulai dari yg terendah hinggan tertinggi:
• Pelanggan akan mengganti merek khususnya karena alasan harga.tdk ada kesetiaan merek
• Pelanggan merasa puas,tdk ada alasan utk berganti merek
• Pelanggan merasa puas dan akan mengalami kerugian dengan berganti merek
• Pelanggan menghargai merek tsb dan menganggapnya sebagai teman 
• Pelanggan sangat setia dengan merek tsb
Pelanggan akan membayar lebih mahal untuk merek yg kuat

Pengemasan dan pelabelan
• Pengemasan: sebagai semua kegiatan merancang dan memproduksi wadah untuk produk.wadah ini disebut kemasan
kemasan yg dirancang dengan baik dapat menciptakan kenyamanan dan nilai promosi
• Penjual hrs memberikan label produknya. Label tsb mungkin adalah etiket sederhana yg ditempelkan pada produk tsb atau grafik yg dirancang dengan rumit yg merupakan bagian dari kemasan tsb.
contoh: siapa membuatnya,kapan dibuat,apa saja kandungannya,bagaimana digunakan

SEGMENTASI

MENGIDENTIFIKASI SEGMEN PASAR DAN MEMILIH PASAR SASARAN

Perusahaan tidak dapat melayani seluruh pelanggan dipasar yg sangat luas seperti pasar komputer atau minuman ringan.pelanggan terlalu banyak dan tuntutan pembelian mereka berbeda –beda.perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar yg dapat dilayaninya dengan sangat efektif

• Segmentasi adalah upaya memilah-milah pasar/konsumen kedalam kelompok-kelompok yang homogen
• Dilakukan segmentasi karena:
- konsumen memiliki volume yang besar
- keinginan konsumen bermacam-macam
- kemampuan perusahaan yang terbatas
• Perusahaan melakukan pengelompokan juga agar dpt mengidentifikasi dengan mudah apa harapan/keinginan kelompok tersebut dan agar kita dapat membuat produk dan memberikan pelayanan yg sesuai

Dasar segmentasi pasar:
• Geografis : negara, lingkungan, desa
• Demografis : jenis kelamin, penghasilan, agama, pekerjaan, ras, generasi
• Psikografis : gaya hidup, kepribadian
• Perilaku : sikap, pemakaian, tanggapan atas produk

• Targeting : menetapkan satu atau beberapa segmen untuk dilayani.menetapkan target market sasaran perusahaan
• Positioning : upaya memposisikan/mendudukan produk/merek perusahaan kita di benak konsumen dan hati pasar sasaran
• Differensiasi : upaya membuat seperangkat perbedaan yang bermakna dari perusahaan pesaing
• Brand : penanaman/pemerekkan.nama,istilah,tanda,simbol,untuk mengidentifikasi suatu produk yg ditawarkan kepada pelanggan

Level segmentasi pasar
• Pemasaran segmen:segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yg memiliki seperangkat keinginan yg sama.pemasar tdk menciptakan segmen,tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan yg mana yg dibidik
• Pemasaran relung:relung adalah kelompok yg didefinisikan secara lebih sempit,lebih pas lagi,relung adalah pasar kecil yg kebutuhannya tdk dilayani dengan baik
• Pemasarn lokal
• Pemasaran pelanggan individual

Pola segmentasi pasar:
• Preferensi homogen 
• Preferensi tersebar
• Preferensi terkelompok

Segmentasi yang efektif:
• Dapat diukur
• Besar
• Dapat diakses
• Dapat dibedakan
• Dapat dilaksanakan

Membidik pasar sasaran
• Mengevaluasi dan memilih segmen pasar
- konsentrasi segmen tunggal
- spesialisasi selektif
- spesialisasi produk
- spesialisasi pasar
- cakupan ke seluruh pasar
• Pertimbangan tambahan
- pilihan etika atas pasar sasaran
- hubungan antar segmen dan segmen super
- rencana serangan segmen-demi-segmen
- kerjasama antar segmen

PASAR KONSUMEN

MENGANALISIS PASAR KONSUMEN DAN PERILAKU PEMBELI

-Kotler tentang pemasaran:yang paling penting adalah meramal kemana para pelanggan bergerak dan kita harus berada di depan mereka

-TUJUAN PEMASARAN ADALAH MEMENUHI DAN MEMUASKAN KEBUTUHAN SERTA KEINGINAN PELANGGAN SASARAN.

Pasar konsumen adalah pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan atau disewakan

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian:
• Faktor budaya
• Faktor sosial
• Faktor pribadi
• Faktor psikologis

Faktor budaya
Budaya,sub-budaya dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian.budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling dasar.masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yg lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya.sub-budaya mencakup kebangsaan,agama,kelompok ras,dan wilayah geografis.

Faktor sosial
• Kelompok acuan: orang yang mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap sikap seseorang
• Keluarga: orang – orang terdekat
• Peran dan status: 
-peran meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan oleh seseorang
-status adalah kedudukan seseorang di masyarakat 

Faktor pribadi
• Usia
• Siklus hidup
• Pekerjaan 
• Lingkungan ekonomi
• Gaya hidup
• Kepribadian 

Faktor psikologis
• Motivasi: dorongan yang berasal dari dalam
• Persepsi: pandangan yang lahir dari pengetahuan kita tentang sesuatu
• Pembelajaran: perubahan perilaku seseorang yang timbul dari pengalaman 
• Keyakinan : gambaran pemikiran yang dianut seseorang tentang gambaran sesuatu
• Sikap: sangat dipengaruhi oleh motivasi ,persepsi

Lima peran yang dimainkan orang dalam keputusan pembelian:
• Pencetus: orang yang pertama kali mengusulkan gagasan untuk membeli produk 
• Pemberi pengaruh: orang yang pandangan atau sarannya mempengaruhi keputusan
• Pengambil keputusan: orang yang mengambil keputusan mengenai setiap komponen keputusan pembelian-apakah membeli,tdk membeli,bagaimana cara membeli,dan dimana akan membeli
• Pembeli: orang yang melakukan pembelian yang sesungguhnya
• Pemakai: seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk tertentu

Henry Assael membedakan 4 jenis perilaku pembelian konsumen berdasarkan tingkat keterlibatan pembeli dan tingkat perbedaan antar merek:
• Perilaku pembelian yang rumit
• Perilaku pembelian pengurang disonansi
• Perilaku pembelian karena kebiasaan
• Perilaku pembelian mencari variasi 

Perilaku pembelian yang rumit
Apabila si pembeli sangat terlibat dlm proses pembelian 
Mis:dlm pembelian mobil,si pembeli akan sangat terlibat dlm prosesnya,contohnya mendatangi dealer,mencoba,dan setelah itu akan menemukan perbedaan yg signifikan
Perilaku pembelian pengurang disonansi
Si pembeli sangat terlibat dlm proses pembelian tetapi setelah ia melakukan proses itu dia tdk dapat menemukan perbedaan yg signifikan
Perilaku pembelian karena kebiasaan
ditandai oleh keterlibatan yg rendah dari si pembeli dlm proses pembelian tetapi tdk dpt menemukan perbedaan yg signifikan
Membeli barang tanpa memilih terlebih dahulu
Perilaku pembelian mencari variasi
Tingkat keterlibatan rendah tetapi tdk dpt menemukan perbedaan yg signifikan dengan tujuan untuk mencari variasi

Tahap-tahap proses pembelian:
• Pengenalan masalah:niat pembeli adalah adanya kebutuhan
• Pencarian informasi:
-datang dari sumber pribadi:teman,ayah,ibu
-datang dari sumber komersial:iklan
-datang dari sumber publik:media masa,berita
-datang dari sumber pengalaman sebelumnya
• Evaluasi alternatif:
-sudah sesuaikah produk ini dengan kebutuhan kita
-apakah produk tsb memiliki manfaat sesuai dengan yg kita inginkan
-apakah kita punya cukup uang untuk membeli
• Keputusan pembelian
• Perilaku pasca pembelian
ada 2 kemungkinan:
Puas akan loyal (membeli ulang)
Kecewa akan menyampaikan kekecewaan atau pergi kepesaing